Variabel
Variabel
merupakan suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori computer yang
digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat berubah – ubah ketika
program dieksekusi.
Misalnya :
panjang = 5;
lebar = 4;
Luas =
panjang * lebar;
Panjang,lebar
dan Luas merupakan variabel. Nilai
variabel tersebut telah dideklarasikan dengan nilai panjang adalah 5,nilai
lebar adalah 4 dan nilai Luas adalah nilai panjang dikalikan dengan nilai
lebar. Jika dihitung secara matematis panjang * lebar adalah 4 x 5 = 20. Maka
selanjutnya ketika program dieksekusi nilai Luas = 20. Hal ini berbeda dengan
persoalan berikut ini :
….
Int
alas,tinggi,Luas;
cout<<“masukkan
nilai alas : ”;
cin>>alas;
cout“masukkan
nilai tinggi : ”;
cin>>tinggi;
Luas = alas
* tinggi;
cout<<“luas
segitiga adalah ”<<Luas);
….
Maka dapat
kita selidiki jika nilai variabel alas, tinggi dan Luas tidak didefinisikan
terlebih dahulu melainkan menunggu input dari user. Jadi nilai tersebut
tergantung pengguna yang mengisikannya.
Jika program tersebut dijalankan maka user diminta untuk memasukkan
nilai alas dan tinggi. Seperti berikut ini dialognya :
masukkan
nilai alas : _ (selanjutnya , setelah kita masukkan nilai alas akan muncul lagi
pertanyaan)
masukkan
nilai tinggi : _
Misalnya :
jika kita masukkan nilai alas = 12 ,kemudian masukkan nilai tinggi = 10 maka
selanjutnya program akan menghitung nilai variabel yang telah kita masukkan
dengan parameter Luas = alas * tinggi, maka jika dihitung secara matematis 12 x
10 = 120. setelah penghitungan selesai selanjutnya program akan menampilkan
luas segitiga adalah 120.
Konstanta
(literal)
Setelah kta mempelajari variabel selanjutnya
konstanta. Kalau variabel nilainya bisa berubah – ubah sebaliknya ,nilai
konstanta atau literal tetap dan tidak bisa ber ubah – ubah. Dari contoh program peng hitung Luas Segi
empat :
…
Int
panjang,lebar,Luas;
panjang = 5;
lebar = 4;
Luas =
panjang * lebar;
cout<<“luas
persegi panjang = <<Luas;
…
Angka 5 dan
4 bisa disebut konstanta atau literal, karena jika program dijalankan nilainya
sekarang atau nanti akan tetap 20. Hal ini berbeda dengan penghitung Luas
segitiga yang nilai alas dan tingginya tidak dideklarasikan secara langsung:
….
Int
alas,tinggi,Luas;
cout<<“masukkan
nilai alas : ”;
cin>>alas;
cout“masukkan
nilai tinggi : ”;
cin>>tinggi;
Luas = alas
* tinggi;
cout<<“luas
segitiga adalah ”<<Luas);
….
Pada program
tersebut variabel tidak di isi nilai tetap (konstan) yang nantinya program akan
menghitung nilanya tergantung kita memasukkan berapa.
Selain itu
kita bisa menulis konstanta dengan menggunakan const ,maka
panjang = 5;
bisa menjadi const panjang = 5;
konstanta seperti ini bisa diterapkan pada program penghitung lingkaran
atau program lain yang mempunyai nilai tetap seperti
yang mempunyai
nilai 3.142857142857143 dibulatkan menjadi 3,14.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar